Disnaker Baubau Gelar Bintek Updating Database Ketenagakerjaan

Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Updating Database ketenagakerjaan yang melibatkan 207 orang petugas pendata tenaga kerja se Kota Baubau yakni masyarakat / RT/RW dan 8 orang petugas Disnaker serta dibantu oleh staf Kantor BPS Kota Baubau dalam menganalisa data yang diperoleh di gedung arasalana Kamis (16/3/2023). Kegiatan Bintek Updating database ketenagakerjaan tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse

Menurut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Updating Database Ketenagakerjaan ini bertujuan guna menyajikan data ketenagakerjaan di Kota Baubau, sekaligus melengkapi data dan informasi yang telah dipublikasi oleh BPS.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah tersusunnya data ketenagakerjaan meliputi data yang sudah bekerja dan yang belum bekerja. Kemudian, tersusunnya data Penyandang Disabilitas.Selain itu. tersusunnya data Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Purna Pekerja Migran Indonesia (PURNA PMI). Kemudian, sebagai data awal identifikasi minat masyarakat terhadap jenis pelatihan yang dibutuhkan, dan selanjutnya akan diperkuat melalui pembangunan Workshop BLK Kota Baubau. Serta yang terakhir tersusunnya data struktur dan karakteristik ketenagakerjaan serta evaluasi penerapan UMR di Kota Baubau.

Dikatakan, data umum ketenagakerjaan menggambarkan profil sumber daya manusia  tenaga kerja sebagai suatu informasi masukan untuk mengevaluasi pembangunan ekonomi sebelumnya misalnya laju pertumbuhan ekonomi yang sangat berkaitan erat dengan penyediaan lapangan pekerjaan, serta diperuntukan pula untuk merencanakan tahapan pembangunan selanjutnya seperti kebutuhan SDM tenaga kerja kompeten, perencanaan tenaga kerja, system informasi pasar kerja dan lain-lain. "Selain data ketenagakerjaan yang diolah dari data BPS dilampirkan pula data ketenagakerjaan yang ditangani langsung oleh Disnaker Kota Baubau. diharapkan dapat lebih memberikan manfaat bagi semua pihak yang membutuhkan misalnya kebutuhan penelitian, analisis pembangunan dan lain lain,"katanya.

Sementara itu, jumlah penduduk yang akan didata berjumlah 28.550 orang, jumlah tersebut adalah kurang lebih 25% dari jumlah Wajib KTP Penduduk Kota Baubau yakni 109.307 orang berdasarkan data Demografi Penduduk Per 30 Juni 2022 Aplikasi Indonesia's Population and Civil Registration (Peta Kependudukan dan Pencatatan Sipil Indonesia) I-POP Mobile Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 

Foto/Peliput            :SAMSUDIN/BAYU/TIM

Produksi                   : DINAS KOMINFO BAUBAU

Penanggung Jawab : Kepala Dinas KOMINFO Kota Baubau La Ode Darussalam, S Sos,M.Sos